Aug 20, 2017

Kamu Harus Ketahui, Apa Itu Logic Bomb dan Cara Mencegahnya ?

| Aug 20, 2017

       Bom logika adalah perangkat lunak perusak yang dipicu oleh respons terhadap suatu kejadian, seperti meluncurkan aplikasi atau kapan tanggal / waktu tertentu tercapai. Penyerang bisa menggunakan bom logika dengan berbagai cara. Mereka dapat menanamkan kode sewenang-wenang dalam aplikasi palsu, atau Trojan Horse, dan akan dieksekusi setiap kali kamu meluncurkan perangkat lunak yang curang. Penyerang juga bisa menggunakan kombinasi bom spyware dan logika dalam upaya mencuri identitas kamu.

       Misalnya, cyber-criminals menggunakan spyware untuk diam-diam memasang keylogger di komputer kamu. Keylogger dapat menangkap penekanan tombol kamu, seperti nama pengguna dan kata sandi. Bom logika dirancang untuk menunggu sampai kamu mengunjungi situs web yang mengharuskan kamu masuk dengan kredensial kamu, seperti situs perbankan atau jaringan sosial. Akibatnya, ini akan memicu bom logika untuk mengeksekusi keylogger dan menangkap kredensial kamu dan mengirimkannya ke penyerang jarak jauh.

Bom waktu
       Ketika sebuah bom logika diprogram untuk dieksekusi saat tanggal tertentu tercapai, bom tersebut disebut sebagai bom waktu. Bom waktu biasanya diprogram untuk berangkat saat tanggal penting tercapai, seperti Natal atau Hari Valentine. Karyawan yang tidak puas telah menciptakan bom waktu untuk dijalankan di dalam jaringan organisasi mereka dan menghancurkan sebanyak mungkin data jika mereka diakhiri. Kode berbahaya akan tetap aktif selama programmer ada di sistem penggajian organisasi. Namun, setelah dihapus, malware tersebut dijalankan.

Pencegahan
       Bom logika sulit dicegah karena bisa dikerahkan dari mana saja. Penyerang dapat menanam bom logika melalui berbagai cara pada banyak platform, seperti menyembunyikan kode berbahaya di skrip atau menerapkannya di server SQL.
Bagi organisasi, segregasi tugas mungkin menawarkan perlindungan terhadap bom logika. Dengan membatasi karyawan pada tugas tertentu, penyerang potensial akan terkena penyebaran bom logika, yang dapat mencegah subjek melakukan serangan tersebut.
Sebagian besar organisasi menerapkan rencana kesinambungan bisnis dan pemulihan bencana yang mencakup proses seperti backup data dan pemulihan. Jika serangan bom logika adalah untuk membersihkan data penting, organisasi dapat menerapkan rencana pemulihan bencana dan mengikuti langkah-langkah yang diperlukan untuk pulih dari serangan tersebut.
Untuk melindungi sistem pribadi kamu, saya sarankan kamu mengikuti langkah langkah ini:

  1.          Jangan mendownload perangkat lunak bajakan - Bom logik dapat didistribusikan oleh eksploitasi yang mempromosikan pembajakan perangkat lunak.
  2.          Hati-hati dengan menginstal aplikasi shareware / freeware - Pastikan kamu memperoleh aplikasi ini dari sumber terpercaya. Bom logika bisa disematkan di dalam kuda Trojan. Oleh karena itu, waspadalah terhadap produk perangkat lunak palsu.
  3.          Berhati-hati saat membuka lampiran email - Lampiran email mungkin berisi perangkat lunak perusak seperti bom logika. Gunakan sangat hati-hati saat menangani email dan lampiran.
  4.          Jangan klik tautan web yang mencurigakan - Mengeklik tautan yang tidak aman dapat mengarahkan kamu ke situs web yang terinfeksi yang mungkin menjadi host bom logika.
  5.          Selalu perbarui perangkat lunak antivirus kamu - Sebagian besar aplikasi antivirus dapat mendeteksi perangkat lunak perusak seperti trojan horse (yang mungkin berisi bom logika). Konfigurasikan perangkat lunak antivirus kamu untuk secara rutin memeriksa pembaruan. Jika perangkat lunak antivirus kamu tidak berisi file kamu terbaru, perangkat lunak antivirus kamu tidak akan berguna melawan ancaman malware baru.
  6.          Instal patch sistem operasi terbaru - Tidak mengikuti pembaruan sistem operasi akan membuat PC kamu rentan terhadap ancaman malware terbaru. Gunakan fitur Pembaruan Otomatis di Windows untuk mendownload dan menginstal pembaruan keamanan Microsoft secara otomatis.
  7.          Menerapkan patch ke perangkat lunak lain yang diinstal pada komputer kamu - Pastikan kamu memiliki patch terbaru yang diinstal pada semua aplikasi perangkat lunak kamu, seperti perangkat lunak Microsoft Office, produk Adobe, dan Java. Vendor ini sering merilis patch perangkat lunak untuk produk mereka untuk memperbaiki kerentanan yang dapat digunakan oleh penjahat cyber sebagai sarana untuk menyerang, seperti bom logika.


Bom logika dapat merusak organisasi dan sistem pribadi kamu. Dengan memiliki rencana di tempat bersama dengan alat dan prosedur keamanan yang diperbarui, kamu dapat mengurangi ancaman ini. Selain itu, perencanaan yang tepat akan melindungi kamu dari ancaman berisiko tinggi lainnya.

Related Posts

4 comments:

  1. sekarang zaman serba canggih, canggih pula kejahatannya. suer baru tau saya gan.

    ReplyDelete
  2. makasih gan saran nya .. akan lebih hati hati

    ReplyDelete
  3. waduh bahaya sekali kalau gk ditangani, makasih gan infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. untuk udah baca ini , jadi bisa mencegah gan.

    ReplyDelete