Sep 3, 2017

Berapakah Jangkauan Jarak Jaringan Wifi ?

| Sep 3, 2017
       


       Rentang jaringan komputer WiFi bergantung pada jumlah dan jenis titik akses nirkabel (termasuk router nirkabel) yang digunakan untuk membuatnya. Jaringan rumah tradisional yang memiliki satu router nirkabel dapat mencakup hunian tunggal keluarga namun seringkali tidak jauh lebih banyak. Jaringan bisnis dengan jaringan akses poin dapat mencakup gedung perkantoran besar. Dan hotspot nirkabel yang membentang beberapa mil persegi (kilometer) telah dibangun di beberapa kota. Dan tentu saja biaya untuk membangun dan memelihara jaringan ini meningkat secara signifikan seiring dengan peningkatan jangkauan.

       Rentang sinyal WiFi dari jalur akses yang diberikan juga bervariasi secara signifikan dari perangkat ke perangkat. Faktor yang menentukan range satu access point meliputi :
  • Protokol 802.11 spesifik yang dijalankannya
  •  Kekuatan pemancar perangkatnya
  • Sifat penghalang fisik dan / atau gangguan radio di daerah sekitarnya
       Aturan umum praktis di jaringan rumah mengatakan bahwa router WiFi yang beroperasi pada pita 2,4 GHz tradisional mencapai 150 kaki (46 m) di dalam ruangan dan 300 kaki (92 m) di luar rumah. Router 802.11a yang lebih awal dapat beroperasi pada pita 5 GHz mencapai sekitar sepertiga dari jarak ini. Router 802.11n dan 802.11ac yang lebih baru yang beroperasi pada pita 2,4 GHz dan 5 GHz berbeda dalam jangkauannya.

       Hambatan fisik di rumah seperti dinding bata dan rangka logam atau dinding mengurangi jangkauan jaringan WiFi sebesar 25% atau lebih. Karena hukum fisika, koneksi WiFi 5 GHz lebih rentan terhadap penghalang daripada 2,4 GHz. Interferensi sinyal radio dari gelombang mikro dan peralatan lainnya juga berdampak negatif terhadap jangkauan jaringan WiFi. Karena radio 2,4 GHz biasa digunakan pada gadget pengguna, protokol koneksi WiFi tersebut lebih rentan terhadap gangguan di dalam bangunan tempat tinggal.

      Jarak dimana seseorang dapat terhubung ke jalur akses bervariasi tergantung pada orientasi antena. Pengguna smartphone, khususnya, mungkin melihat kekuatan koneksi mereka meningkat atau menurun hanya dengan memutar perangkat pada sudut yang berbeda. Selanjutnya, beberapa jalur akses menggunakan antena terarah yang memungkinkan jangkauan lebih panjang di area yang dituju antena namun lebih pendek di daerah lain.

       Ada beragam router yang tersedia di pasaran. Berikut adalah pilihan saya untuk beberapa penjual terbaik, dan semuanya dapat dibeli di situs e-commerce ternama yaitu Amazon.com :

Router 802.11ac
       TP-LINK Archer C7 AC1750 Dual Band Wireless AC Gigabit Router mencakup 450Mbps pada 2.4GHz dan 1300Mbps pada 5GHz. Memiliki fitur akses jaringan untuk privasi tambahan saat berbagi konektivitas di rumah kamu, dan dilengkapi dengan asisten penyiapan yang musdah dengan dukungan multi bahasa untuk proses penginstalan sederhana.
Router 802.11ac adalah router nirkabel entry level 802.11ac tingkat Netgear. Menariknya, dengan menekan harga yang lebih rendah, Netgear tidak mengkompromikan kinerja AC nirkabelnya, namun membatasi dengan 802.11n . Sesuatu yang tidak pernah mendekati jangkauan standar. Jika kamu menginginkan router 802.11ac dengan harga terjangkau, Netgear R6250 bisa menjadi satu untuk kamu.

Router 802.11n
       Netgear WNR2500-100NAS IEEE 802.11n 450 Mbps Wireless Router akan membuat download film, lagu, permainan dan streaming lebih cepat. Antena penguat daya juga memastikan koneksi yang lebih kuat dan jangkauan yang lebih luas.

Router 802.11g

       Router Broadband Wireless-G Linksys WRT54GL memiliki empat ethernet port cepat dan enkripsi WPA2 memungkinkan kamu menjelajahi Internet dengan aman.

Nah itu dia Seputar Jangkauan Wifi yang saya ketahui semoga dengan informasi yang saya berikan dapat bermanfaat kapada kalian yang sudah membaca artikel ini, apabila kalian suka dengan artikel ini kalian bisa share ke teman-teman kalian. dan jangan lupa tinggalkan komentar ya.

Related Posts

2 comments: