Sep 2, 2017

Begini nih, Proses Jaringan Nirkabel Wi-Fi Bekerja

| Sep 2, 2017

       Jaringan nirkabel Wi-Fi bekerja dengan mengirimkan transmisi radio pada frekuensi tertentu di mana perangkat mendengarkan dapat menerimanya. Pemancar dan penerima radio yang diperlukan dibangun ke dalam peralatan Wi-Fi yang diaktifkan seperti router, laptop, dan telepon. Antena juga komponen kunci dari sistem komunikasi radio ini, memunculkan sinyal masuk atau memancarkan sinyal Wi-Fi keluar. Beberapa antena Wi-Fi, terutama pada router, dapat dipasang secara eksternal sementara yang lain disematkan di dalam perangkat keras perangkat keras.

Antena Power Gain
       Rentang koneksi perangkat Wi-Fi sangat bergantung pada daya antenanya. Kuantitas numerik yang diukur dalam desibel relatif (dB), gain mewakili keefektifan antena maksimum dibandingkan dengan antena referensi standar. Produsen industri menggunakan salah satu dari dua standar yang berbeda saat mengutip ukuran keuntungan untuk antena radio:
·         dBi - desibel relatif terhadap antena referensi isotropik
·         dBd - desibel relatif terhadap antena referensi dipol

Sebagian besar antena Wi-Fi memiliki dBi sebagai ukuran standarnya daripada dBd. Antena referensi dipole bekerja pada 2,14 dBi yang sesuai dengan 0 dBd. Nilai gain yang lebih tinggi mengindikasikan antena yang mampu bekerja pada tingkat daya yang lebih tinggi, yang biasanya menghasilkan jangkauan yang lebih tinggi.

Antena Wi-Fi Omnidirectional
       Beberapa antena radio dirancang untuk bekerja dengan sinyal ke segala arah. Antena omnidirectional ini biasa digunakan pada router Wi-Fi dan adaptor seluler karena perangkat tersebut harus mendukung koneksi dari berbagai arah. Peralatan Wi-Fi Pabrik sering menggunakan antena dipol dasar dari apa yang disebut "rubber duck", serupa dengan yang digunakan pada radio walkie-talkie, dengan gain antara 2 dan 9 dBi.

Antena Wi-Fi Directional
       Karena daya antena omnidirectional harus disebarkan di 360 derajat, gainnya (diukur dalam satu arah) lebih rendah daripada antena arah alternatif yang memusatkan lebih banyak energi ke satu arah. Antena directional biasanya digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi ke sudut bangunan yang sulit dijangkau atau situasi spesifik lainnya dimana cakupan 360 derajat tidak diperlukan.

Cantenna adalah nama merek antena terarah Wi-Fi. Super Cantenna mendukung sinyal 2,4 GHz dengan gain hingga 12 dBi dan lebar balok sekitar 30 derajat, cocok untuk pemakaian di dalam ruangan atau di luar ruangan. Istilah cantenna juga mengacu pada antena do-it-yourself generik menggunakan desain silinder sederhana.

Antena Yagi (lebih tepat disebut Yagi-Uda) adalah jenis antena radio terarah lainnya yang dapat digunakan untuk jaringan Wi-Fi jarak jauh. Keuntungan yang sangat tinggi, biasanya 12 dBi atau lebih tinggi, antena ini biasanya digunakan untuk memperluas jangkauan hotspot outdoor ke arah tertentu, atau untuk mencapai bangunan luar. Do-it-yourselfer bisa membuat antena Yagi, meski ini membutuhkan usaha yang lebih sulit daripada membuat cantennas.

Upgrade Antena Wi-Fi
       Masalah jaringan nirkabel yang disebabkan oleh kekuatan sinyal lemah terkadang dapat dipecahkan dengan memasang antena radio Wi-Fi yang telah diupgrade pada peralatan yang terpengaruh. Di jaringan bisnis, profesional biasanya melakukan survei situs komprehensif untuk memetakan kekuatan sinyal Wi-Fi di dalam dan sekitar gedung perkantoran dan memasang secara strategis titik akses nirkabel tambahan bila diperlukan. Upgrade antena bisa lebih sederhana dan pilihan yang lebih hemat biaya untuk memperbaiki masalah sinyal Wi-Fi, terutama pada jaringan rumah.

Pertimbangkan hal berikut saat merencanakan strategi peningkatan antena untuk jaringan rumah :
  •   Beberapa perlengkapan Wi-Fi tidak mendukung upgrade antena aftermarket; Konsultasikan dengan dokumentasi pabrikan untuk konfirmasi
  •      Mengupgrade antena omnidirectional router dapat meningkatkan konektivitas dengan semua perangkat di rumah dan menyelesaikan masalah sinyal dasar secara memadai. Upgrade perangkat klien hanya menguntungkan masing-masing individu.
  • Mengevaluasi kedua arah gain dan directional radius yang mendukung antena saat memilihnya. Paket perangkat lunak yang memetakan kekuatan sinyal Wi-Fi ada di rumah tersedia untuk digunakan untuk perencanaan.


Meningkatkan Antena Wi-Fi dan Sinyal

       Memasang antena aftermarket pada peralatan Wi-Fi membantu meningkatkan jangkauan efektif perangkat. Namun, karena antena radio hanya membantu berkonsentrasi dan sinyal langsung, jangkauan perangkat Wi-Fi pada akhirnya dibatasi oleh kekuatan pemancar radionya daripada antena. Untuk alasan ini, penguat sinyal pada jaringan Wi-Fi terkadang diperlukan, biasanya dilakukan dengan menambahkan perangkat repeater yang memperkuat dan mentransmisikan sinyal di titik tengah antara koneksi jaringan.


Nah itu dia Bagaimana Proses Jaringan Nirkabel Wi-Fi berkerja semoga dengan informasi yang saya berikan dapat bermanfaat kapada kalian yang sudah membaca artikel ini, apabila kalian suka dengan artikel ini kalian bisa share ke teman-teman kalian. dan jangan lupa tinggalkan komentar ya.

Related Posts

No comments:

Post a Comment