Jun 11, 2020

Inilah Cara Belajar Ramah Teknologi Di Masa Pandemi

| Jun 11, 2020

Inilah Cara Belajar Ramah Teknologi Di Masa Pandemi. Tidak ada yang menyangka kalau kemudian sekolah harus berpindah tempat gegara ada sebuah pandemi mendunia Covid 19 masuk di Indonesia. Pindahnya tempat sekolah anak di rumah kemudian mengharuskan mereka belajar dengan cara berbeda, yaitu online.

 

Harus disadari, belum pernah ada contoh praktik sebelumnya mengenai bagaimana trasisi memindahkan sistem yang tadinya offline di kelas menjadi online memanfaatkan teknologi yang ada. Sekarang semua anak murib hampir 100%, terutama yang berada di kota besar, kemudian bergantung pada teknologi internet.

 

Beda tempat belajar maka beda juga tata caranya. Meski memang ada kesan memaksa, tapi setiap orang pada akhirnya dituntut untuk mau belajar ramah teknologi karena itulah kehidupan sekarang. Adapun ragam ramah teknologi yang kemudian anak perlu tahu, antara lain:

 

Pertemuan Online Via Aplikasi

 

Ketika sekolah di rumah ini dimulai maka Zoom adalah aplikasi yang kemudian banyak orang gunakan. Zoom memberikan fitur teleconference online gratis dengan fitur yang cukup lengkap. Itulah mengapa dia menjadi banyak diminati.

 

Semua kalangan menggunakannya, tak pandang bulu dari ibu-ibu arisan sosialita hingga pertemuan resmi pemerintah. Kemudian keamanan aplikasi ini dipertanyakan seiring dengan berita kebocoran data. Meski sempat banyak yang meragukan, pada akhirnya tetap saja Zoom menjadi salah satu aplikasi temu muka online yang jadi pilihan.

 

Belajar ramah teknologi saat melakukan pertemuan online yang anak perlu tahu diantaranya adalah tetap menyalakan kamera selama pertemuan, meminta ijin jika akan meninggalkan ruang pertemuan online, tidak ngobrol menuliskan pesan saat pemateri bicara, mengangkat tangan saat hendak bertanya dan beberapa hal lain. Hal ini bertujuan memberi pengertian anak bahwa ada tata cara kesopanan saat berinteraksi online.

 

Keterampilan Memberi Informasi Tertulis Online

 

Hal ini berkaitan dengan tata cara menulis pesan di badan email, menjelaskan persentasi lewat power point, atau menyampaikan opini lewat badan pesan saat persentasi.

 

Sering tidak disadari bahwa komunikasi lisan dan tertulis sangat berbeda. Ketika Anda bicara, yang diajak bicara bisa melihat mimik muka dan mendengar tinggi rendah nada. Namun, saat maksud itu ditulis tidak bisa. Belajar ramah teknologi  untuk tulisan meliputi ketepatan tanda baca, spasi dan penggunaan baris baru, atau huruf kapital sebagai penanda awal kalimat. Tanpa ada itu semua maka tergantung si penerima pesan mengartikan dan bisa ada kesalahan.

 

Metode Penyimpanan Data

 

Informasi datang silih berganti, dan ragam rupa. Ada yang berbentuk file, maupun gambar dan video. Agar informasi bisa digunakan terus menerus maka ada cara unduh pada gadget yang dimiliki.

 

Karena mengunduh dimaksudkan untuk dapat melihat kembali saat bilamana diperlukan, maka perlu juga anak tahu bagaimana memposisikan setiap file, foto, dan video tadi pada tempat-tempat yang benar. Belajar ramah teknologi kemudian harapannya akan memudahkan Anda dan anak dikemudian hari.

 

 

 

Related Posts

No comments:

Post a Comment