Feb 17, 2019

Awet Seharian, Inilah Tips Menghemat Baterai Smartphone dengan Mudah

| Feb 17, 2019

     Potensi untuk kehabisan baterai saat sedang melakukan sebuah perjalanan memang cukup besar. Terutama jika sedang menempuh perjalanan yang jauh karena durasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan panjang. Terlebih lagi jika ternyata di tengah jalan kita terjebak kemacetan. Powerbank memang bisa menjadi penyelamat di saat-saat genting namun anda tetap harus tahu tips menghemat baterai smartphone. Dengan melakukan beberapa hal terhadap ponsel anda maka baterai ponsel juga bisa lebih awet.
Berikut beberapa tips menghemat baterai smartphone yang bisa anda lakukan.

1. Matikan sinyal radio

     Di beberapa daerah tertentu, tidak jarang smartphone bisa kehilangan sinyal. Hal tersebut bisa terjadi karena menara pemancar sinyal berada jauh dari lokasi smartphone maupun karena trafiknya sedang penuh. Jika sinyal hilang atau melemah, maka sistem smartphone umumnya akan terus mencari koneksi terbaik. Sehingga pencarian sinyal yang dilakukan secara terus menerus ini dapat membuat baterai habis dengan cepat. Oleh karena itu, tips menghemat baterai smartphone dengan matikan sinyal radio, jika sudah yakin tidak akan mendapatkan sinyal dalam beberapa waktu. Matikan fitur Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak digunakan karena keduanya juga dapat membuat baterai smartphone cepat habis.

2. Aktifkan Airplane Mode

     Jika anda tidak mau terlalu repot-repot dalam mengatur sinyal maka anda dapat dengan mudah mematikan semua sinyal radio yang ada pada smartphone. Anda tinggal aktifkan sebuah mode, yaitu Airplane Mode pada smartphone. Dengan menyalakan Airplane Mode, maka semua sinyal radio, baik GSM, Wi-Fi, maupun Bluetooth, secara otomatis langsung dimatikan.

3. Matikan fitur getar 

     Fitur getar memang dapat sangat membantu jika terdapat panggilan telepon atau pesan yang masuk di tempat yang membutuhkan ponsel dalam keadaan silent. Namun ternyata fitur getaran ini membutuhkan daya baterai yang lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. Apabila pengguna tidak membutuhkan fitur ini, maka tips menghemat baterai smartphone sebaiknya fitur getar yang ada di smartphone di matikan saja.

4. Tutup aplikasi yang jarang dipakai

     Ada banyak aplikasi yang jarang dipakai pada smartphone anda karena memang kebutuhannya tidak setiap hari.  Jika memang ada maka sebaiknya tutup aplikasi yang jarang dilihat maupun digunakan di smartphone anda. Sebab, aplikasi itu sebenarnya tetap berjalan di background, meski Anda tidak melihatnya sepanjang satu minggu. Jika aplikasi berjalan di background maka artinya tetap memerlukan daya pemrosesan. Sebaliknya, jangan tutup aplikasi yang sering digunakan karena hal tersebut berpotensi memboroskan baterai. Saat sebuah aplikasi dimatikan, maka data-data program yang bersangkutan dihapus dari memori (RAM). Sehingga saat aplikasi itu diaktifkan lagi, perangkat terpaksa "memanggil ulang" data-data yang diperlukan dan menyimpannya kembali di dalam RAM. Hal itu membutuhkan pemrosesan sistem yang berjalan di background dan menyerap baterai.

5. Jangan "streaming"

     Tips menghemat baterai smartphone yang terakhir dengan kurangi kegiatan streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton sebuah video atau mendengarkan musik melalui layanan streaming memang terasa menyenangkan. Namun ternyata kegiatan ini akan "memaksa" sistem ponsel untuk terus bekerja hingga akhirnya membuat baterai cepat habis. Solusi yang bisa dilakukan agar tetap bisa mendengarkan musik atau menonton video, unduh film dan lagunya sebelum anda bepergian.

    Dengan menerapkan beberapa tips menghemat baterai smartphone diatas maka anda bisa menggunakan smartphone lebih lama. Hal itu karena anda sudah mengurangi beberapa penyebab yang bisa menjadikan ponsel boros. Menghemat baterai ini tentunya penting terlebih jika anda tidak memiliki powerbank namun harus menempuh perjalanan jauh. Hal ini juga menjadi antisipasi jika anda sedang pergi berlibur camping ke gunung maupun pantai.  

Related Posts

No comments:

Post a Comment