Sep 6, 2018

Harus Hati-hati, Inilah Aplikasi Sosmed yang Bikin Smartphonemu Berat

| Sep 6, 2018


Salah satu penyebab smart phone menjadi berat, yaitu penggunaan RAM yang terlalu banyak. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa aplikasi, salah satunya aplikasi sosial media. Keberagaman aplikasi sosmed memang bikin rutinitas jadi lebih berwarna, namun jika beberapa aplikasi tersebut diinstall secara berlebihan dapat melambatkan kinerja android.

Ingin tahu aplikasi apa sajakah tersebut? Yuk simak beberapa aplikasi sosmed yang bikin smartphonemu berat di bawah ini.

Beberapa Aplikasi Sosmed yang Bikin Smartphonemu Berat

1. Facebook

Facebook yang diterbitkan oleh Mark Zuckerberg termasuk aplikasi sosmed yang bikin smartphonemu berat. Kapasitasnya saja 250 MB sehingga sangat memboroskan kuota dan baterai. Selain itu, kamu harus menginstall Messenger untuk melakukan komunikasi dengan pengguna facebook lain. Padahal, kapasitasnya sendiri mencakup 110 MB.

Jika kedua aplikasi tersebut dijumlahkan, jumlah RAM yang terkuras sebanyak 360 MB. Untuk mengatasinya, kamu pun bisa menggunakan facebook dan messenger yang berlabel lite sebab versi ini kapasitas memorinya lebih ringan sehingga performa yang dihasilkan juga kencang.

2. BBM

Blackberry Messenger termasuk aplikasi sosmed yang bikin smartphonemu berat selanjutnya. Meskipun banyak digemari, RAM dari aplikasi ini mencapai 176 MB. Hal ini karena banyaknya fitur-fitur menarik di dalamnya. Jika riwayat chat menumpuk, RAM akan semakin meningkat yang berisiko pada menurunnya kinerja smart phone.

3. LINE

Line termasuk aplikasi sosmed yang bikin smartphonemu berat selanjutnya. Aplikasi ini memang banyak digemari karena platformnya yang unik dan mengesankan. Hadir dalam berbagai fitur, seperti games, webtoon, update berita, stiker, emoji, dan lain sebagainya.

Kalau kamu ingin fitur webtoon, kamu harus menginstallnya melalui playstore dengan bentuk yang terpisah dari line. Padahal, kapasitasnya sendiri mencakup 130 MB. Jika Line dan Webtoon diinstall secara bersamaan, RAM akan terkuras lebih cepat sehingga berisiko pada melambatnya kinerja android.

4. WeChat

WeChat termasuk aplikasi sosmed yang bikin smartphonemu berat selanjutnya. Aplikasi ini memang popular dan jadi favorit sebab dapat menambahkan teman di sekitar lingkungan dengan mudah dan asyik. WeChat sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari kenalan baru.

Sayangnya, kapasitas RAM aplikasi ini mencapai 150 MB. Hal inilah yang kemudian menjadikan RAM jadi terkuras habis sehingga performa smart phone jadi kurang maksimal.

5. Skype

Skype termasuk aplikasi sosmed yang bikin smartphonemu berat selanjutnya. Pasalnya, aplikasi ini memang terkenal dengan fitur video call yang dimilikinya. Walaupun sekarang banyak aplikasi sosmed yang menghadirkan fitur video call, faktanya beberapa orang memilih menggunakan Skype.

Aplikasi ini dinilai sebagai aplikasi yang sangat efektif dalam dunia bisnis. Sayangnya, kapasitas RAMnya mencapai 120 MB. Hal inilah yang kemudian menjadikan aplikasi ini penyebab menurunnya kinerja smart phone.

6. Instagram

Instagram termasuk aplikasi sosmed yang bikin smartphonemu berat selanjutnya. Aplikasi instagram sendiri termasuk yang paling populer dan banyak digandrungi berbagai lapisan masyarakat karena keunikan yang dimilikinya. Sangat cocok digunakan bagi siapa saja yang ingin eksis atau memajukan bisnisnya.

Fitiurnya saja istimewa menghadirkan berbagai layanan yang mengesankan, seperti edit foto dan pembuatan cerita. Selain itu, terdapat beberapa fitur yang bikin foto atau video jadi lebih mengesankan. Hal inilah yang kemudian menjadikan aplikasi ini memakan banyak RAM sehingga berisiko pada menurunnya kinerja android.

     Itulah beberapa aplikasi sosmed yang bikin smartphonemu berat. Jadi jangan terlalu menginstallnya terlalu banyak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

Related Posts

No comments:

Post a Comment